< Bacaan Doa Setelah Sholat Gerhana Bulan Lengkap Arab Latin dan Artinya - KUMPULAN DOA ISLAMI HARIAN -->

Bacaan Doa Setelah Sholat Gerhana Bulan Lengkap Arab Latin dan Artinya

Gerhana bulan merupakan salah satu fenomena alam kebesaran Allah SWT. Sebagai umat muslim kita di sunahkan menjalankan sholat gerhana bulan. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang bacaan niat sholat gerhana bulan dan tata cara menjalankan sholat gerhana bulan. Kali ini akan dibahas tentang apa bacaan doa setelah sholat gerhana bulan, zikir dan doa sesudah sholat gerhana bulan.

Gerhana bulan total terjadi saat posisi bumi berada antara bulan dan matahari. Bulan berada di bawah bayang bumi lantaran cahaya matahari terhalang bumi. Ketika terjadi gerhana umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan salat gerhana. Hal ini dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Ketika menjumpai gerhana, Rasulullah Muhammad SAW, langusung mendatangi masjid untuk melaksanakan salat gerhana.

Peristiwa ini dikisahkan oleh istri Rasulullah Muhammad SAW, Asisyah yang mendapati Rasulullah Muhammad SAW, sedang berkendara di pagi hari lalu terjadi gerhana. Maka Rasulullah Muhammad SAW, melewati kamar istrinya Aisyah yang tak jauh dari masjid, lalu Muhammad berdiri dan salat. Riwayat lain menyebutkan, Rasulullah Muhammad SAW, mendatangai tempat salatnya, yakni masjid.

Atas dasar itu, ulama Ibnu Hajar berpendapat bahwa salat gerhana yang sesuai ajaran Rasululah Muhammad SAW, dikerjakan di masjid. Sebab terjadinya gerhana merupakan tanda dari kekuasaan Allah SWT yang ditunjukkan kepada umat manusia, dan agar manusia semakin takut.
“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.” (HR. Bukhari 1044)

“Tidaklah kami mengirim ayat-ayat itu selain untuk menakut-nakuti (hamba).” (al-Isra: 59)

Doa yang dibaca saat gerhana, bisa doa apa saja, karena tidak ada doa khusus saat terjadi gerhana. Doa terus dipanjatkan, terutama setelah selesai sholat gerhana bulan. Selain doa, juga dianjurkan untuk memperbanyak takbir, tasbih, tahlil, istighfar, sholawat nabi. Dalam keterangan lain, setelah selesai salat gerhana, lalu imam naik mimbar untuk berkutbah.

Selesai berkhutbah, dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat gerhana bulan seperti berikut ini:

Bacaan Doa Setelah Sholat Gerhana Bulan Lengkap Arab Latin dan Artinya

"Allahumma inna nasaluka innaka ghoffaarr fa arsilis samaai 'alainaa midroro.
Allahumma inna na'uudzubika mina; dzunuubil latii tamna'u ghoitsas samaai wana'uudzubika minadz dzunuubil latii tudzilul a'izza watudallilul a'daa.
Allahummaghfir lil muslimiina wal muslimaati wal mukminiina wal mukminaati al ahyaai minhum wal amwaati. Innaka samii'un khoriibum mujiibud da'awaati wal qaadliyal hajat."

Demikianlah informasi tentang bacaan doa setelah sholat gerhana bulan yang bisa diamalkan setelah menjalankan sholat sunnah gerhana bulan. Semoga gerhana bulan yang terjadi bisa membawa berkah bagi kita semua.

0 Response to "Bacaan Doa Setelah Sholat Gerhana Bulan Lengkap Arab Latin dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel