< Bacaan Doa Sebelum Belajar Dan Sesudah Belajar Lengkap Arab, Latin dan Artinya - KUMPULAN DOA ISLAMI HARIAN -->

Bacaan Doa Sebelum Belajar Dan Sesudah Belajar Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Bagi kamu yang masih duduk dibangku sekolah, belajar itu wajib agar bisa menjadi orang yang pintar dan mendapatkan nilai yang bagus. Kali ini saya akan memberikan lafadz bacaan doa sebelum belajar, doa setelah/sesudah belajar beserta artinya. Jadi jika kamu hendak belajar maka bacalah doa sebelum belajar dan setelah belajar selesai maka hendaklah baca doa setelah belajar.

Dengan mengamalkan doa sebelum belajar dan doa setelah belajar maka Insya Allah apa yang kamu pelajari bisa masuk ke dalam otak kamu sehingga akan selalu teringat-ingat dan tidak mudah lupa. Belajar bisa kamu lakukan kapa saja dan dimana saja. Belajar atau menuntut ilmu sangatlah penting bagi kita, baik ilmu yang bersifat dunia maupun ilmu agama, hal itu sesuai dengan hadis yang berbunyi sbb:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya:
"Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan." (H.R. Al-Baihaqi)

Berdasarkan hadis diatas maka bisa disimpulkan bahwa belajar atau mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim baik itu laki-laki maupun perempuan. Namun sebelum belajar atau mencari ilmu kita dianjurkan untuk berdoa, supaya dimudahkan dalam belajar, agar ilmu yang kita pelajari bisa masuk kedalam pikiran dan otak kita, dan bisa bermanfaat bagi kehidupan kita maupun orang disekitar. Adapun bacaan doa sebelum belajar dan doa sesudah belajar adalah sbb:

Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا
Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya:
"Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ
Robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin
Artinya :
"Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman,Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh"

Doa Sebelum Belajar Mengaji
اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah'alainaa bima'rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin Artinya:
"Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang."

Dan apabila kita sudah selesai belajar bisa membaca doa setelah belajar dibawah. berikut adalah doa setelah selesai belajar beserta latin dan terjemahnya.

Doa Sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin
Artinya :
"Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam."

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa'ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu Artinya:
"Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya"

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kulihal Artinya:
"Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."

Nah demikianlah bacaan doa sebelum belajar dan doa setelah belajar lengkap bahasa aab, latin an artinya yang bisa kamu hafalkan dan kamu amalkan sebelum kamu belajar dan sesudah belajar. Semoga dengan membaca doa sebelum dan sesudah belajar tersebut, apa yang kamu pelajari bisa masuk ke dalam otak dan pikiran kamu sehingga bisa menjadi muslim yang pandai dan pintar. Amin.

0 Response to "Bacaan Doa Sebelum Belajar Dan Sesudah Belajar Lengkap Arab, Latin dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel